PERSEPSI KUALITAS DAN NILAI EMOSIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RAMAYANA LESTARI SENTOSA (Tbk) MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kualitas dan nilai emosional produk baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian di Ramayana Lestari Sentosa, Tbk Medan dan joga tmtuk mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian di Ramayana Lestari Sentosa, Tbk Medan dengan jumlah populasi sebanyak 50.000 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin (dalam Umar 2006 :146) dengan taraf kesalahan 10% sehingga menetapkan jumlah sampel sebanyak 100 orang dan metode penarikan sampel yang digunakan adalah dengan cara purposive sampling.
Hasil analisis data dengan metode analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa persepsi kualitas (X1) dan nilai emosional (X2) secara bersama- sama berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian (Y) di Ramayana Lestari Sentosa, Tbk Medan dengan koefisien regresi X1 = 0,361 dan koefisien regresi X2 = 0,559. pengujian Fhitung diperoleh sebesar 194,675 lebih besardari nilai Ftabel yaitu 3,10.
Hasil uji thitung dua arah menunjukkan untuk persepsi kualitas (X1) dan nilai emosional (X2) adalah 5,014 dan 7,733. variabel yang paling dominan mempengaruhi adalah nilai emosional.