dc.description.abstract | Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pair and Share) pada materi operasi aljabar di kelas VIII SMP Negeri 5 Pematangsiantar? (2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi operasi aljabar di kelas VIII SMP Negeri 5 Pematangsiantar? (3) Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pair and Share) dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi operasi aljabar di kelas VIII SMP Negeri 5 Pematangsiantar?
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pair and Share) pada materi operasi aljabar di kelas VIII SMP Negeri 5 Pematangsiantar, (2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi operasi aljabar di kelas VIII SMP Negeri 5 Pematangsiantar, (3) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pair and Share) dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi operasi aljabar di kelas VIII SMP Negeri 5 Pematangsiantar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5Pematangsiantar yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa 373 orang dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII4sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 41 orang dan kelas VIII5sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 43 orang. Untuk memperoleh data tentang perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pair and Share) dengan model pembelajaran konvensional digunakan tes hasil belajar.
Dari hasil uji coba dinyatakan bahwa kualitas soal-soal baik karena instrumen tersebut valid dimana validitas terendah 0,40 (validitas cukup) dan validitas tertinggi 0,68 (validitas tinggi) yaitu dengan menggunakan rumus korelasi product moment dengan angka kasar. Tes reliabel karena koefisien reliabilitas diperoleh sebesar 0,83 yang lebih besar bila dibandingkan dengan nilai tabel dengan α = 0,01 maka rtabel = 0,561. Tingkat kesukaran item terendah adalah 0,15 (sukar) dan tertinggi 0,80 (mudah). Sedangkan daya pembeda item terendah adalah 0,20 (cukup) dan tertinggi 0,60 (baik). Dengan demikian dapat dikatakan kualitas tes baik dan dapat digunakan sebagai pengumpul data dalam penelitian ini.
Dari hasil data penelitian diperoleh, rata-rata hitung dan simpangan baku kelompok yang menggunakan model pembelajaran TPS adalahX ̅=11,25 dan S = 2,48. Rata-rata hitung dan simpangan baku kelompok yang menggunakan model pembelajaran konvensional, Y ̅=9,29 dan S=2,73, artinya rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Dari hasil analisis data penelitian ini diperoleh hasil uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors ditemukan bahwa LO= 0,0670 < L = 0,284. Dengan demikian data hasil kedua kelompok berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Dari hasil uji homogen kelas memiliki varians yang homogen dengan menggunakan uji F. Uji homogenitas Fhitung = 1,21< Ftabel = 2,104 dengan taraf kepercayaan α = 0,01 artinya kedua kelompok sampel bervarians homogen karena Fhitungtidak berada pada daerah kritik.Untuk uji selish dua rataan diperoleh thitung= 3,40 > ttabel =2,38 maka dapat disimpulkan bahwa rataan kedua sampel berbeda secara signifikan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS dengan model pembelajaran konvensional, 2) Hasil belajar siswa yang menggunkan model pembelajaran TPS lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat diketahui dari hasil rataan skor tes hasil belajar siswa dengan model pembelajaran TPS lebih tinggi dibandingkan rataan skor tes hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kovensional. | en_US |