dc.contributor.author | Siahaan, Theresia Monika | |
dc.date.accessioned | 2018-06-28T03:41:04Z | |
dc.date.available | 2018-06-28T03:41:04Z | |
dc.date.issued | 2018-04-01 | |
dc.identifier.issn | 2579-6550 (online) | |
dc.identifier.issn | 2528-4363 (print) | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1410 | |
dc.description | Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan
kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe think pair share dengan think pair square pada materi persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel, (2) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan
sikap siswa antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan
think pair square, dan (3) untuk mengetahui proses penyelesaian masalah yang dibuat
oleh siswa terhadap tes kemampuan pemecahan masalah matematis antara pembelajaran
kooperatif tipe think pair share dengan kooperatif tipe think pair square. Jenis penelitian
ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP
Negeri Pematangsiantar, dan sampelnya dipilih secara acak yaitu SMP Negeri 9 dan SMP
Negeri 3 Pematangsiantar dengan VII-4 dan VII-5 sebagai kelas eksperimen 1 dan VII-5
dan VII-7 sebagai kelas eksperimen 2 yang masing-masing berjumlah 68 orang.
Penelitian ini menggunakan uji Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diberi
model pembelajaran think pair share dengan siswa yang diberi model pembelajaran think
pair square, (2) Sikap siswa terhadap matematika yang memperoleh pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik secara signifikan dari siswa yang memperoleh
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square, dan (3) Proses penyelesaian jawaban
siswa dengan mengunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik
dibandingkan dengan model pembelajaran Think Pair Square. | en_US |
dc.description.abstract | The aims of this research is (1) to know there is the diffrentiation of students'
mathematical problem solving who teach between Kooperatif Think Pair Share and Think
Pair Square, (2) to know there is the diffrentation of student’s attitude Kooperatif Think
Pair Share and Think Pair Square, and (3) describe the process problem solving between
cooperatif Think Pair Share and Think Pair Square. The research is kuasi eksperiment.
The population of this research are all of students in SMP N Pematangsiantar, and the
sample chosen is random, SMP Negeri 9 and SMP Negeri 3 Pematangsiantar with VII-
4 and VII-5 as the eksperiment class 1 and VII-5 and VII-7 as eksperimen class 2 with 68
students every class eksperiment. This research uses two ways ANACOVA test. The
results of this research shown that: (1) there is diffrentation in mathematical problemsolving
from students who teach between Kooperatif Think Pair Share and Think Pair
Square, (2) the atttitude of students who teach with kooperatif Think Pair Share better
than the students who teach with Think Pair Square, and (3) the process of students
answers who are taught with the Think Pair Share better than Think Pair Square. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | MES (Journal of Mathematics Education and Science ) | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Vol. 3;No. 2 | |
dc.subject | Think Pair Share | en_US |
dc.subject | Think Pair Square | en_US |
dc.subject | Problem Solving Mathematical Ability | en_US |
dc.subject | Student’s Attitude | en_US |
dc.title | Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Siswa Yang Diberi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Tipe Think Pair Square pada SMP Negeri Pematangsiantar | en_US |
dc.type | Article | en_US |