dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match (MAM) pada materi pokok sistem ekskresi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pematangsiantar.
Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pematangsiantar yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan adalah sampel secara purposive sampel , yaitu kelas XI IPA2 sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes tertulis berbentuk pilihan berganda. Sebelum soal diberikan kepada siswa, terlebih dahulu di lakukan uji validitas, uji realibilitas, daya pembeda soal, dan tingkat kesukaran soal dengan rtabel = 0,334 dan taraf signifikansi = 0,05. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa setelah mendapat pengajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match (MAM) mengalami peningkatan nilai sebesar 47,01%, penguasaan siswa sebesar 77,44%, ketuntasan secara individu maupun klasikal sabesar 90% dan terdapat 10 % siswa yang tidak tuntas, dan ketercapaian indicator sebesar 78,07%.
Berdasarkan hasil penelitian yang diutarakan di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match (MAM) pada materi pokok sistem ekskresi di kelas SMA Negeri 1 Pematangsiantar dapat diterapkan dengan baik. | en_US |