PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR (SPLDV) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 GUNUNG MALELA
Abstract
Penelitian ini adalah equasi eksperimen dengan desain penelitian The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian adalah berjumlah 8 kelas yang terdiri dari 250 jumlah siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah 32 siswa yang diperoleh dengan teknik Simple Random Sampling pada siwa kelas VIII.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar matematika siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil pre-test siswa = 7,06, artinya hasil belajar matematika siswa tergolong rendah dan rata-rata hasil post-test dengan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching = 14,81, artinya bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching sudah dilakukan dengan baik.
Berdasarkan nilai N-Gain diperoleh peningkatan pada setiap hasil belajar matematika siswa dengan kriteria sedang dan tinggi atau strategi pembelajaran Reciprocal Teaching memiliki pengaruh yang baik terhadap post-test (setelah diberikan perlakuan). Dari hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar matematika siswa. Sehingga diharapkan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Collections
- LP - Report Research [230]