dc.description.abstract | Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 1 Jorlang Hataran? (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 1 Jorlang Hataran?
Sesuai dengan permasalahan yang dirumuskan, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui bagaimana meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika (2) Mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jorlang Hataran yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika (2) meningkatkan hasisl belajar siswa pada pembelajaran matematika.
Peneliti merancang program pembelajaran, serta melaksanakan pengamatan dan tes hasil belajar, melakukan refleksi sebagai bahan dasar untuk merancang pembelajaran berikutnya. Perlakuan dilaksanakan dengan tiga siklus pada materi himpunan. Dapat dilakukan dengan bentuk langkah – langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran. (2) Siswa mempelajari konsep tentang materi pelajaran yang dipelajari dengan bimbingan guru. (3) Guru mengelompokkan siswa kedalam beberapa kelompok sesuai dengan tempat duduk yang berdekatan, kemudian siswa dihimbau untuk membuat peta pikiran dari materi yang dipelajari. (4) Guru menunjukkan beberapa siswa untuk mempersentasikan hasil peta pikiran tentang dari materi yang telah dipelajari dengan mencatat atau menuliskan di papan tulis. (5) Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan. (6) Guru memberikan soal latihan tentang materi yang dipelajari kepada siswa untuk dikerjakan secara individu. (7) Pada akhir pembelajaran diadakan tes untuk mengetahui pemahaman konsep dan kemampuan akademis siswa.
Perlu dilakukan penelitian yang berkesinambungan dan akurat untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga dapat menentukan metode dan strategi pembelajaran yang akurat dan memberikan hasil yang maksimal. Pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri1 Jorlang Hataran Dari hasil penelitian model pembelajaran dari siklus I , siklus II sampai siklus III setelah penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Dimana hasil belajar siswa pada siklus I tedapat 24 orang (66%) siswa yang tuntas dan 12 orang (33%) siswa tidak tuntas. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II terdapat 26 orang (73%) siswa yang tuntas dan 10 orang (27,8%) siswa yang tidak tuntas. Dan hasil belajar siswa pada siklus III terdapat 35 orang (97%) siswa yang tuntas dan 1 orang (2,8%) siswa yang tidak tuntas. Maka hasil belajar siswa dinyatakan tuntas karena hasil belajar siswa secara klasikal telah mencapai ≥85% yaitu 97,22%. Ini berarti bahwa pencapaian hasil belajar siswa telah memenuhi indikator keberhasilan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jorlang Hataran. | en_US |