PENGARUH KOMUNIKASI DAN MOTIVASI TERHADAP SEMANGAT KERJA DI PT. POS INDONESIA(PERSERO) REGIONAL I MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh komunikasi dan motivasi terhadap semangat kerja pegawai di PT. Pos Indonesia(Persero) Regional I Medan. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan analisa multiple regression dan menggunakan software SPSS V 19 for windows. Sampel dalam penelitian ini adalah 85 orang pegawai PT. Pos Indonesia(Persero) Regional I Medan dengan pengumpulan data mengunakan kuesioner. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah sensus. Pengujian asumsi dasar penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Pengujian asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji signifikan parsial ( uji - t). Uji t menunjukkan bahwa komunikasi dan motivasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap semangat kerja pegawai di PT. Pos Indonesia (Persero) Regional I Medan thitung > ttabel (1,936 > 1,663) dan motivasi (2,961 > 1,663), uji signifikan simultan ( uji – F). Uji F secara simultan menunjukkan bahwa komunikasi dan motivasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan secara bersamaan terhadap semangat kerja pegawai di PT. Pos Indonesia (Persero) Regional I Medan dimana Fhitung > Ftabel (13,520 >3,11), uji koefisien korelasi (R), dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh komunikasi dan motivasi secara parsial maupun simultan terhadap semangat kerja pegawai. Nilai R sebesar 0,498 (49,8%), menunjukkan bahwa tingkat hubungan antar variabel bebas yaitu komunikasi dan motivasi adalah berhubungan cukup. Dan nilai R Square menunjukkan 0,248 atau 24,8%, yang artinya 24,8% semangat kerja pegawai di PT. Pos Indonesia(Persero) Regional 1 Medan dapat dijelaskan oleh variabel komunikasi dan motivasi sedangkan sisanya 75,2%, dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Dengan demikian pengaruh komunikasi dan motivasi perlu lagi ditingkatkan dan dipertahankan agar tujuan perusahaan tercapai.
Collections
- Ilmu Administrasi Niaga [205]