Show simple item record

dc.contributor.authorSitumorang, Doce Maria
dc.date.accessioned2025-06-10T07:25:10Z
dc.date.available2025-06-10T07:25:10Z
dc.date.issued2025-06
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12246
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran baamboozle terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas x sma parulian 1 medan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Parulian 1 Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sumpling (area sumpling), yakni satu kelas dipilih secara acak dari kelas X-2 yang memiliki jumlah 33 siswa. Sehingga jumlah sampel penelitian ini adalah 33 siswa. Instrumen yang dipakai adalah tes subjektif dalam bentuk esai. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata kelas pretest adalah 54,72 dengan standar deviasi 12,42 dan nilai rata-rata kelas posttest adalah 83,07 dengan standar deviasi sebesar 6,60. Dari hasil uji prasyarat menyatakan bahwa sampel terdistribusi normal dan homogen. Selanjutkan dilakukan uji “t” satu pihak (α= 0,05). Dari hasil uji “t” satu pihak disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan media pembelajaran baamboozle terhadao kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Parulian 1 Medan. Selama pembelajaran di kelas pretest dan posttest, diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian baik.en_US
dc.subjectMedia Baamboozle,en_US
dc.subjectkemampuan menulis,en_US
dc.subjectteks anekdot.en_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Baamboozle terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMA Parulian 1 Medanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record