dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran baamboozle terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas x sma parulian 1 medan.
Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Parulian 1 Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sumpling (area sumpling), yakni satu kelas dipilih secara acak dari kelas X-2 yang memiliki jumlah 33 siswa. Sehingga jumlah sampel penelitian ini adalah 33 siswa. Instrumen yang dipakai adalah tes subjektif dalam bentuk esai.
Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata kelas pretest adalah 54,72 dengan standar deviasi 12,42 dan nilai rata-rata kelas posttest adalah 83,07 dengan standar deviasi sebesar 6,60. Dari hasil uji prasyarat menyatakan bahwa sampel terdistribusi normal dan homogen. Selanjutkan dilakukan uji “t” satu pihak (α= 0,05). Dari hasil uji “t” satu pihak disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan media pembelajaran baamboozle terhadao kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Parulian 1 Medan. Selama pembelajaran di kelas pretest dan posttest, diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian baik. | en_US |