• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ekonomi
    • Akuntansi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ekonomi
    • Akuntansi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ), KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    Jeremi Sitorus Pane.pdf (115.3Kb)
    Date
    2016-02-27
    Author
    Pane, Jeremi Sitorus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis sehingga mendapat bukti empiris mengenai pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) terhadap tingkat pemahaman akuntansi, pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap tingkat pemahaman akuntansi, pengaruh kecerdasan spiritual (SQ) terhadap tingkat pemahaman akuntansi serta pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kecerdasan intelektual (IQ) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hal ini berarti dengan kecerdasan intelektual yang dimiliki oleh mahasiswa, maka akan mempermudah mahasiswa dalam menerima dan memahami setiap materi perkuliahan khususnya yang berhubungan dengan akuntansi, yang diberikan oleh para dosen dengan baik, serta dapat mengembangkan pengetahuannya dan meningkatkan pemahamannya akan akuntansi. Pada pengujian pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap tingkat pemahaman akuntansi diperoleh hasil bahwa kecerdasan emosional secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu kurangnya empati dari para responden, perbedaan perasaan dan situasi yang sedang dialami oleh responden. Pada pengujian pengaruh kecerdasan spiritual (SQ) terhadap tingkat pemahaman akuntansi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan pada pengujian pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Dengan adanya keselarasan antara ketiga kecerdasan tersebut, yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan tingkat pemahaman akuntansinya.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1223
    Collections
    • Akuntansi [1801]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback