dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap keterampilan menulis resensi novel siswa kelas XI SMA GKPI Padang Bulan Medan T.A. 2024/2025
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI SMA GKPI Padang Bulan T.A. 2024/2025. Dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (XI-MIA) dan kelas kontrol (XI-IIS 1). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk uraianyang telah dilakukan uji validasi instrumen sertalembar keterampilan proses siswa.
Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postest kelas eksperimen 80,5 dengan standart deviasi 11,85 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol 58,63 dan standart deviasi 4,46. Hasil uji prasyarat data postest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen, = (0,05). Dari hasil uji t satu pihak cx selanjutnya dilakukan uji t satu pihak (disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajara SAVI (Somatis, Auditory, Visual, Intellectual)Terhadap keterampilan resensi novel siswa kelas XI SMA GKPI Padang Bulan T.A. 2024/2025. | en_US |