Show simple item record

dc.contributor.authorBr Tobing, Khesia Arista
dc.date.accessioned2025-05-07T06:49:43Z
dc.date.available2025-05-07T06:49:43Z
dc.date.issued2025-05
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11867
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2020-2022. Variabel bebas adalah Profitabilitas yang diukur dengan Return on Equity (ROE). Ukuran Perusahaan, diukur dengan total aset atau dengan menggunakan logaritma natural dari total aset. Sedangkan Variabel terikat adalah manajemen laba yang diukur melalui praktik-praktik seperti perataan laba (income smoothing) yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempengaruhi laporan keuangan mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan Metode yang digunakan adalah regresi logistik dengan sampel yang diambil dari 38 perusahaan melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, sementara ukuran perusahaan berpengaruh positif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengelola perusahaan dalam mengambil keputusan terkait manajemen laba.en_US
dc.subjectManajemen laba,en_US
dc.subjectProfitabilitas,en_US
dc.subjectUkuran Perusahaan,en_US
dc.subjectRegresi Logistik,en_US
dc.subjectBursa Efek Indonesia (BEI)en_US
dc.titlePENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2020-2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record