Show simple item record

dc.contributor.authorPanggabean, Solomon Slow
dc.date.accessioned2025-05-07T03:00:27Z
dc.date.available2025-05-07T03:00:27Z
dc.date.issued2025-05
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11839
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2021-2023. Variabel bebas adalah ukuran perusahaan yang diproksikan dengan Ln Total Asset, leverage yang diproksikan dengan Debt Equity Ratio (DER), likuiditas diproksikan dengan Current Ratio (CR) dan Struktur Modal dengan Debt Asset Ratio (DAR). Sedangkan variabel terikat adalah nilai perusahaan diproksikan oleh Price to Book Value (PBV). Secara teori, penentuan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan berdasarkan pada signaling theory. Penelitian ini mencakup sampel 45 perusahaan makanan dan minuman dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Data penelitian ini telah memenuhi syarat uji asumsi klasik dan uji kesesuaian model. Hasil pengujian secara parsial bahwa ukuran perusahaan dan leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan likuiditas dan struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Selain itu berdasarkan pengujian koefisien determinasi, bahwa ukuran perusahaan, leverage, likuiditas dan struktur modal mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap nilai perusahaan sebesar 8.6%.en_US
dc.subjectUkuran Perusahaan,en_US
dc.subjectLeverage,en_US
dc.subjectLikuiditas,en_US
dc.subjectStruktur Modal,en_US
dc.subjectNilai Perusahaan.  en_US
dc.titleFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2021-2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record