Show simple item record

dc.contributor.authorSIANIPAR, PERDINARIA
dc.date.accessioned2024-10-29T01:59:34Z
dc.date.available2024-10-29T01:59:34Z
dc.date.issued2024-10-29
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11418
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pengolahan media instrumen evaluasi hasil belajar peserta didik berbasis genially pada materi gelombang unutuk kelas XI SMA Negeri 8 Medan, 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika setelah menggunakan instrumen evaluasi yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan prosedur penelitian model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner penilaian media dan kuesioner respon guru serta peserta didik dan hasil pre-test dan post-test. Hasil analisis data pada penelitian ini adalah penilaian kelayakan media dari empat aspek yaitu aspek penyajian, aspek desain, aspek konstruksi, dan aspek kemudahan penggunaan media. Persentase kelayakan media secara keseluruhan memperoleh persentase sebesar 84% dengan kategori “Sangat Layak”. Media instrumen evaluasi hasil belajar berbasis genially juga terbukti efektif dalam penggunaan sebagai media pembelajaran dengan melihat hasil pretest dan posttest peserta didik dari rerata 16,32 menjadi 22. Selain itu hasil penilaian terhadap media dari peserta didik memperoleh persentase sebesar 91% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil penilaian terhadap media yang dilakukan oleh guru juga memperoleh persentase sebesar 89% sehingga menunjukkan bahwa media dalam kategori "Sangat Praktis”.en_US
dc.subjectMedia Instrumen Evaluasi,en_US
dc.subjectGenially,en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengembangan Instrumen Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Genially Pada Peserta Didik Kelas XI SMAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record