Show simple item record

dc.contributor.authorJUSBINARAYA, JUSBINARAYA
dc.date.accessioned2024-10-29T01:44:35Z
dc.date.available2024-10-29T01:44:35Z
dc.date.issued2024-10-29
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11416
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis WEB google sites dengan pendekatan multipresentasi untuk mengukur penguasaan konsep fisika peserta didik fase–F SMA Negeri 7 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan model ADDIE dan pra–eksperimental tipe intact–group comparison. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi diperoleh nilai rata-rata masing-masing 3,25 dan 4,30. Sedangkan persentase rata-rata hasil angket respon guru dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran masing-masing adalah 95% dan 80,3% menyatakan setuju dan yang mengindikasikan dengan skala penilaian masing-masing 4,75 dan 4,07 bahwa media WEB google sites tergolong “baik” dan sangat sesuai digunakan untuk mengukur konsep fisika. Hasil ujicoba instrumen soal uraian dilakukan kepada 27 orang peserta didik kelas XI Fase-F SMA Gajah Mada diperoleh bahwa rata-rata soal tergolong valid, reliabel dengan tingkat kesukaran sedang. Hasil pengembangan media pembelajaran (produk) selanjutnya digunakan untuk mengukur kemampuan penguasaan konsep fisika dengan pra–eksperimental tipe intact–group comparison. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu kelas XI-3 dan kelas XI-4 sebagai kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 28 orang. Berdasarkan hasil analisis prasyarat dinyatakan bahwa kedua varians sampel berdistribusi normal dengan sig. (p.value) masing-masing 0,153 dan 0,138. Sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh sig. (p.value) 0,904 tergolong homogen. Uji hipotesis penelitian dianalisis dengan aplikasi SPSS 25 diperoleh sig. (p. value) 0,04 pada uji independent sample t-test, berarti hipotesis diterima dan menyimpulkan bahwa media pembelajaran media pembelajaran WEB google sites dapat dan lebih baik digunakan dibanding tanpa menggunakan media pembelajaran (konvensional) untuk mengukur kemampuan penguasaan konsep fisika.en_US
dc.subjectMedia,en_US
dc.subjectWEB,en_US
dc.subjectGoogle Sites,en_US
dc.subjectKonsep,en_US
dc.subjectFluida statisen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS WEB GOOGLE SITES DENGAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP FISIKAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record