dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal intellektual terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2019-2021.
Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah modal pelanggan,modal manusia dan modal struktural. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2021 dan penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan 21 perusahaan dan 63 sampel data yang diambil. Alat statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS 22.0. Metode analisis data yang digunakan untuk melihat pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) modal pelanggan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) modal manusia berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan ,(3) modal struktural berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan (4) modal pelanggan, modal manusia, modal struktural berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan secara simultan. | en_US |