dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan pengalaman mengajar guru terhadap kemampuan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di SMP N 1 Ronggurnihuta T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunkan populasi seluruh guru SMP N 1 Ronggurnihuta yang berjumlah 21 orang Guru sebagai sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Analisis Regresi Berganda, Uji Hipotesis secara parsial (Uji t), Uji Hipotesis Secara Simultan (Uji F), dan koefisien Determinasi (Uji R2). Hasil penelitian menunjukkan kompetensi profesional (X1) dan Pengalaman mengajar guru (X2) memiliki pengaruh secara parsial terhadap Kemampuan Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi (Y) dengan nilai thitung > ttabel pada variabel (X1) (8,390 > 1,721) dan pada variabel (X2) (9,076 > 1,721). Kemudian hasil pengujian secara simultan (Uji F) menunjukkan terdapat pengaruh antara kompetensi profesional dan pengalaman mengajar guru terhadap kemampuan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini terlihat dari Fhitung > F tabel (792,795 > 3,15). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi profesional dan pengalaman mengajar guru dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi. | en_US |