dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan domain kognitif tanpa menggunakan macromedia flash, mengukur efektivitas penggunaan macromedia flash dan menguji peningkatan domain kognitif siswa dengan menggunakan macromedia flash pada mata pelajaran IPS (Ekonomi) kelas VII SMP N2 Parbuluan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan quasi eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari kelas VII-U sebagai kelas kontrol dan kelas VII-F sebagai kelas eksperimen. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan pretest dan posttest sebanyak 25 soal pilihan berganda. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa nilai pretest kelas kontrol adalah sebesar 47,2 dan nilai postest 63,066 dari nilai ini dapat dilihat bahwa nilai kelas kontrol mengalami peningkatan dengan selisih 15,8 tanpa penggunaan macromedia flash. Nilai pretest kelas eksperimen adalah sebesar 46,13 dan nilai posttest sebesar 73,2. Kedua nilai ini meningkat dengan selisih 27,07 dengan menggunakan macromedia flash. Perbandingan peningkatan nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sebesar 11,27. Pada hasil perhitungan data observasi aktivitas peserta didik diperoleh nilai rata- rata sebesar 65,80 dengan kategori cukup aktif. Pada perhitungan nilai N-Gain diperoleh nilai sebesar 70,83 pada kelas eksperimen. Berdasarkan kategori nilai N- Gain 70,83 berada pada rentang nilai 56-75 artinya dapat disimpulkan bahwa penggunaan macromedia pada pembelajaran IPS (Ekonomi) kelas VII di SMP N2 Parbuluan cukup efektif. | en_US |