Show simple item record

dc.contributor.authorGULTOM, DORMAWATI
dc.date.accessioned2024-05-27T07:05:10Z
dc.date.available2024-05-27T07:05:10Z
dc.date.issued2024-05-27
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10649
dc.description.abstractSetiap tahun pertumbuhan penduduk dan jumlah pengguna kendaraan di kota Medan terus meningkat, sehingga menimbulkan permasalahan pada pergerakan arus lalu lintas. Jalan Professor Haji Muhammad Yamin merupakan daerah pertokoan dan perhotelan, ini menyebabkan kecepatan arus lalu lintas dan kinerja ruas jalan menurun. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan manajemen lalu lintas dengan melakukan penelitian mengenai tingkat pelayanan ruas jalan serta hubungan antar karakteristik Volume (Q), Kecepatan (Us) dan Kepadatan (D) arus lalu lintas dengan model Greenshield dan Greenberg. Studi dalam penelitian ini dilakukan di ruas Jalan Professor Haji Muhammad Yamin Medan selama 7 (tujuh) hari mulai dari jam 07.00 – 09.00, 12.00 – 14.00, 16.00 – 18.00 WIB dengan interval 15 menit. Analisis data karakteristik lalu lintas dilakukan berlandaskan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode Greenshield diperoleh Qmaks = 2546,27 smp/jam, Um = 24,41 km/jam, dan Dm = 104,30 smp/jam. Metode Greenberg diperoleh Qmaks = 3721,41 smp/jam, Um = 13,50 km/jam, dan Dm = 275,82 smp/jam. Metode yang tepat adalah Metode Greenberg dengan nilai koefisien determinasi r2 = 0,89%. Tingkat pelayanan yang didapat pada ruas jalan tersebut berada dalam kategori C.en_US
dc.subjectVolume,en_US
dc.subjectKecepatan,en_US
dc.subjectKepadatan,en_US
dc.subjectMetode Greenshield,en_US
dc.subjectGreenberg,en_US
dc.titleANALISA HUBUNGAN KECEPATAN, KEPADATAN, DAN VOLUME LALU LINTAS DENGAN METODE GREENSHIELD DAN GREENBERG (STUDI KASUS : JALAN PROFESSOR HAJI MUHAMMAD YAMIN)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record