Show simple item record

dc.contributor.authorMANULLANG, JELITA
dc.date.accessioned2024-05-27T06:58:15Z
dc.date.available2024-05-27T06:58:15Z
dc.date.issued2024-05-27
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10648
dc.description.abstractPerkembangan jalan dimulai bersamaan dengan sejarah umat manusia itu sendiri berhasrat untuk mencari kebutuhan hidup dan berkomunikasi dengan seksama. Jaringan jalan banyak mengalami kerusakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh beban berlebih (overload) terhadap kerusakan jalan serta tingkat kerusakan jalan pada perkerasaan jalan. Dalam penulisan ini penulis membahas tentang kerusakan jalan pada akibat beban berlebih dengan menggunakan Metode Bina Marga dan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) dalam menentukan jenis perbaikan jalan. Volume lalu lintas merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada jalan. Penelitian ini dilakukan di ruas jalan Cemara Medan. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa volume arus lalu lintas maksimum atau yang terjadi pada jam puncak di ruas jalan Cemara Medan terjadi pada hari senin pukul 08.00 – 09.00 sebesar 2533.5 smp/jam dan jenis kerusakan yang ditemukan menurut metode surface distress index (SDI) terhadap 3 unsur yaitu persentase luas retak, rata-rata lebar retak, jumlah lubang yang berdasarkan hasil Analisa di dapat nilai rata-rata sebesar 56 dimana termasuk rentang 50 – 100 sehingga tingkat kerusakan termasuk dalam kondisi sedang.en_US
dc.subjectLalu Lintas Kendaraan,en_US
dc.subjectVolume Lalu Lintas,en_US
dc.subjectKerusakan Jalan Beban Berlebihen_US
dc.titleANALISIS FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN JALAN RAYALINTAS DI JALAN CEMARA MEDANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record