Show simple item record

dc.contributor.authorSIREGAR, MALLASAK
dc.date.accessioned2024-05-14T08:00:34Z
dc.date.available2024-05-14T08:00:34Z
dc.date.issued2024-05-14
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10517
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Discovery Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one group pretest design. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas VIII berjumlah 30. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan postest penggunaan Metode Discovery Learning diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 60,93 dan kelas eksperimen rata-rata 80,8. Hasil uji prasyarat data pretest dan postest menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji”t”pada taraf signifikan α= 0.05 Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dan analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil yang didapat Hasil perhitungan yang dilakukan dapat diketahui bahwa Thitung > Ttabel = 8,22524 > 1,67155.en_US
dc.subjectMetode Discovery Learning,en_US
dc.subjectTeks Eksplanasi,en_US
dc.subjectKemampuan Menulis.en_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP YAYASAN HKBP SIDORAME MEDAN T.A 2023/2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record