Show simple item record

dc.contributor.authorManalu, Andriono
dc.date.accessioned2018-04-10T02:54:52Z
dc.date.available2018-04-10T02:54:52Z
dc.date.issued2015-02-20
dc.identifier.citationSihombing. 2012. Pengaruh model pembelajaran Cooperative tipe Think Pair Share berbasis peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gaya di kelas VIII Semester ganjil SMP Negeri 19 Medan T.P. 2012/2013.en_US
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1035
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep fisika yang dapat diukur melalui hasil belajar siswa. Pada Penelitian ini siswa diajarkan melalui model pembelajaran Cooperative tipe Think Pair Share berbasis peta konsep selama kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 1 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Pematangsiantar yang terdiri dari 13 kelas berjumlah 390 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling dengan mengambil 2 kelas dari 13 kelas secara acak yaitu kelas X-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas berjumlah 62 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang telah dilakukan uji validitas tes, dengan nilai validitas 3,79 dan tergolong valid. Dari hasil penelitian pada SMA Negeri 1 Pematangsiantar diperoleh nilai rata-rata pretes kelas ekperimen 43,70 dengan simpangan baku 11,17, dan nilai rata-rata kelas kontrol 42,09 dengan simpangan baku 11,60. Perhitungan uji t diperoleh thitung = 0,55 < t (1-1/2α) = 2,00. Ini berarti tidak ada perbedaan kemampuan awal antara kedua kelas.Setelah dilakukan pembelajaran dengan perlakuan yang berbeda diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen adalah 66,12 dengan simpangan baku 8,33 sedangkan rata-rata postes kelas kontrol 61,61 dengan simpangan baku 10,67. Uji prasyarat menyatakan bahwa populasi menyebar normal dan homogen. Setelah itu dilakukan analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung> t(1-α) = 1,67 pada taraf signifikan 0,05. Dengan kata lain, hasil pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe Think Pair Share berbasis peta konsep pada pokok bahasan gelombang elektromagnetik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan mampu meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa.en_US
dc.description.sponsorshipPribadien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherANDRIONO MANALUen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Koorperatif, Think Pair Shareen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBASIS PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKAen_US
dc.typeWorking Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record