dc.contributor.author | Manalu, Andriono | |
dc.date.accessioned | 2018-04-07T07:18:23Z | |
dc.date.available | 2018-04-07T07:18:23Z | |
dc.date.issued | 2018-02-03 | |
dc.identifier.citation | Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Kharisma Putra Utama, Jakarta | en_US |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1010 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan prosedural siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok pemuaian zat kelas 7 semester 1 di SMP Swasta RK Bintang Timur Pematangsiantar T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Pre-experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta RK Bintang Timur Pematangsiantar T.P. 2017/2018 terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan mengambil satu kelas VII E disebut sebagai kelas uji coba yang berjumlah 46 orang dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pengetahuan prodesural siswa adalah tes pengetahuan prosedural dalam bentuk essay dengan jumlah 10 soal yang telah divalidasi. Sebelum perlakuan pembelajaran diberikan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa, diperoleh rata-rata pretest adalah 33.56. Setelah diberi perlakuan pembelajaran dilakukan post test, diperoleh nilai rata-rata post test adalah 77.60. Berdasarkan hasil perolehan gain score adalah 0.66 dalam interval 0.3<g<07 dengan kategori sedang. Sehingga diperoleh kesimpulan ada pengaruh yang siknifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pengetahuan prosedural siswa pada materi pokok pemuaian zat kelas VII semester 1 SMP Swasta RK Bintang Timur Pematangsiantar T.P. 2017/2018. | en_US |
dc.description.sponsorship | LPPM Universitas HKBP Nommensen | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas HKBP Nommensen | en_US |
dc.title | Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pengetahuan prosedural siswa | en_US |
dc.type | Working Paper | en_US |