dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mentimeter ( PPT, Word Cloud ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pendidikan Agama Kristen di SMP Swasta Talita Kum Medan kelas IX. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa/i kelas VIII dan IX SMP Swasta Talita Kum Medan dimana dipilih 2 kelas sebagai sampel yaitu: Kelas IX sebagai kelas kontrol dimana diajarkan model pembelajaran konversional dan kelas VIII sebagai kelas eksperimen dengan menlakukan pembelajaran secara konversional dengan menggunakan media pembelajaran Mentimeter ( PPT, Word Cloud ). Instrumen yang digunakan berupa tes dalam bentuk essay yang telah dilakukan uji instrumen oleh validitator ahli dal lembar observasi. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata- rata post- test kelas eksperimen adalah 86,33 dengan standart deviasi 7,63. Dari hasil uji hipotesis dengan α = 0,05 diperoleh ˃ ( 8,790
1,685 ) sehingga ditolak dan sebaliknya diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran mentimeter ( PPT, Word Cloud ) dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pendidikan agama kristen kelas IX SMP Swasta Talita Kum Medan. Selama proses pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi aktivitas belajar siswa diperoleh nilai akhir dengan kategori baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mentimeter ( PPT, Word Cloud ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pendidikan Agama Kristen di SMP Swasta Talita Kum Medan kelas IX. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa/i kelas VIII dan IX SMP Swasta Talita Kum Medan dimana dipilih 2 kelas sebagai sampel yaitu: Kelas IX sebagai kelas kontrol dimana diajarkan model pembelajaran konversional dan kelas VIII sebagai kelas eksperimen dengan menlakukan pembelajaran secara konversional dengan menggunakan media pembelajaran Mentimeter ( PPT, Word Cloud ). Instrumen yang digunakan berupa tes dalam bentuk essay yang telah dilakukan uji instrumen oleh validitator ahli dal lembar observasi. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata- rata post- test kelas eksperimen adalah 86,33 dengan standart deviasi 7,63. Dari hasil uji hipotesis dengan α = 0,05 diperoleh ˃ ( 8,790
1,685 ) sehingga ditolak dan sebaliknya diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran mentimeter ( PPT, Word Cloud ) dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pendidikan agama kristen kelas IX SMP Swasta Talita Kum Medan. Selama proses pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi aktivitas belajar siswa diperoleh nilai akhir dengan kategori baik. | en_US |