Show simple item record

dc.contributor.authorPANJAITAN, ELLEN SCHUMI FERRARISTA
dc.date.accessioned2024-01-23T07:04:33Z
dc.date.available2024-01-23T07:04:33Z
dc.date.issued2024-01-23
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10049
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak cooperative learning tipe-STAD terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pesawat sederhana kelas VIII SMP Negeri 1 Medang Deras. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi peserta didik kelas VIII sebanyak 50 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa butir soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Sebelum diberikan perlakuan terlebih dahulu dilakukan uji validitas untuk mengetahui apakah sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya diberikan perlakuan kepada kedua kelas, dengan terlebih dahulu melakukan pretest diperoleh skor rata–rata masing masing 47,00 dan 45,00 dengan standar deviasi 7,64 dan 9,45. Rata–rata skor posttest masing-masing 72,20 dan 61,20 dengan standar deviasi 11,52 dan 15,05. Untuk melihat perbedaan pada kedua kelas dilakukan uji-t satu pihak dengan  = 0,05, diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yang mengindikasikan bahwa ada perbedaan pada kedua kelas tersebut.en_US
dc.subjectPembelajaran Kooperatif,en_US
dc.subjectSTAD,en_US
dc.subjectHasil belajar.en_US
dc.titleDAMPAK PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE-STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIKen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record