PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DALAM MEMBELI MAKANAN SIAP SAJI MC DONALDS ( PADA MAHASISWA DI KOTA MEDAN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang membeli makanan siap saji MC Donalds. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 responden dengan pengumpulan data melalui kuisioner. Berdasarkan hasil SPSS dapat diperoleh persamaan regresi linear berganda, yaitu Y = 2,690 + 0,261 X1 + 0,410 X2 yang menunjukkan bahwa variabel brand image dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas konsuimen. Berdasarkan hasil uji parsial menunjukkan bahwa variabel brand image berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, hal ini diketahui dari nilai thitung (3,225) > ttabel (1.984) dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Pada variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, diketahui dari nilai nilai thitung (5,142) > ttabel (1.984) dan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel brand image dan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, diketahui dari nilai nilai Fhitung sebesar 119.361> Ftabel sebesar 3.09 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R-Square sebesar 0,685 atau (68,5%), hal tersebut memiliki arti bahwa pengaruh brand image dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen sepatu Mc Donalds adalah sebesar 68,5%. Dari perhitungan tersebut brand image dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sehingga hipotesis diterima.
Collections
- Manajemen [1151]