PENGARUH PENGGUNAAN METODE SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK DI KELAS IX SMP NEGERI 1 DOLOK SILAU TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui “Pengaruh Penggunaan Metode Self Directed Learning Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek di Kelas IX SMP NEGERI 1 DOLOK SILAU.
Sampel penelitian ini yakni satu kelas sebanyak 30 siswa yang dipilih secara cluster sampling yaitu kelas IX 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa soal penugasan yang dilakukan pada pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t.
Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Dari data perhitungan diperoleh rata-rata dari pretest adalah 53,86 dan rata-rata pada posttest adalah 70,90, thitung > ttabel (8,562>1,70113). Dengan demikian hipotesis nihil bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Dengan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Metode Self Directed Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis cerita pendek.