• Login
    View Item 
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - National Published Articles
    • View Item
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - National Published Articles
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar: Suatu studi eksploratif pada mahasiswa Universitas HKBP Nommensen

    Thumbnail
    View/Open
    main article (1.673Mb)
    Date
    2015-09
    Author
    Rosito, Asina Christina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Peneliti mengajukan beberapa variabel prediktor untuk diuji signifikansi pengaruhnya antara lain kualitas dosen, pengalaman keberhasilan/kegagalan masa lalu, relevansi role model, dukungan sosial teman sebaya, dan dukungan sosial orang tua. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 252 mahasiswa aktif Universitas HKBP Nommensen dari berbagai program studi antara lain Manajemen, Akuntansi, Psikologi, Agroekoteknologi, Agribisnis, Administrasi Negara, Ilmu Hukum, Pendidikan Matematik, dan Peternakan. Teknik analisa data menggunakan analisis regresi berganda. Dari hasi analisis regresi berganda bahwa model regresi yang dihasilkan menunjukkan bahwa secara bersama-sama kelima variabel prediktor tersebut berpengaruh positif terhadap motivasi belajar, dimana setiap peningkatan dalam kualitas dosen, pengalaman keberhasilan/kegagalan masa lalu, relevansi role model, dukungan sosial teman sebaya dan dukungan sosial orangtua, maka akan meningkat pula motivasi belajar. Hasil ini menunjukkan pentingnya peran lingkungan sosial dari pembelajar dalam mempengaruhi kuat lemahnya motivasi belajar. Terdapat tiga prediktor yang signifikan mempengaruhi motivasi belajar yaitu kualitas dosen, relevansi role model, dan dukungan sosial orangtua. Ini menunjukkan bahwa kualitas dosen, relevansi role model, dan dukungan sosial dari orangtua adalah prediktor yang secara signifikan berperan mempengaruhi motivasi belajar.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/976
    Collections
    • LP - National Published Articles [249]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback