• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Kemampuan Meresensi Novel Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Lisvia Damanik.pdf (271.4Kb)
    Date
    2018-03-26
    Author
    Damanik, Lisvia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode yang digunakan dala penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penugasan untuk mengetahuPengaruh Model Cooperative Script Terhadap Kemampuan Meresensi Novel Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 5 Medan yang berjumlah 560 orang siswa yang terdiri dari 1kelas. Sampel yang dibagi menjadi dua perlakuan pretest dan postest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Tes yang digunakan adalah berupa penugasan meresensi novel, dengan menggunakan model Cooperative Script 5 untuk mengetahui berpengaruh atau tidaknya model Cooperative Script terhadap kemampuan meresensi novel pasa siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan, maka uji yang digunakan yaitu uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan dalam meresensi novelproses tanpa menggunakan model Cooperative Script memiliki kategori kurang dengan memperoleh nilai rata-rata 60,6 serta kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan dalam meresensi novel dengan menggunakan model Cooperative Script memiliki kategori sangat baik dengan memperoleh nilai rata-rata 79,05. Berdasarkan uji normalitas hasil post-test dinyatakan berdistribusi normal. Dari df 39 diperoleh taraf signifikan 5 % = 1,74 (ttabel). Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa t0> ttabel = 1,86 >1,74. Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperativr Script berpengaruh dibandingkan sebelum menggunakan model Cooperative Script terhadapat kemampuan meresensi novel pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2028.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/958
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback