PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA iSISWA/I iKELAS iVII iSMP iNEGERI i37 iMEDAN i
Abstract
Penelitian ini dilakukan Di SMP Negeri 37 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 150 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan berdasarkan Random sampling. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian One grup Pretest dan Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah siswa 30 yang di tentukan dengan Teknik Random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Normalitas, uji Homogenitas dan Uji Hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest menggunakan Model Self Directed Learning , diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 58.15233 dan kelas Posttest 75,69467 yaitu Hasil uji prasyarat data prettest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi Normal dan Homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan 5% yaitu dk = N1+N2, dk =30+30= 60-2 dari df 58 diperoleh taraf significan 5% = 1,67155 Ttabel. Hail perhitungan yang dilakukan dapat diketahui bahwa Thitung > Ttabel 6,14 > 2,045 . Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Self Directed Learning berpengaruh terhadap kemampuan Menulis Cerita Fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan.