• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

    Thumbnail
    View/Open
    BERNALENTA LAFAU.pdf (345.4Kb)
    Date
    2023-11-27
    Author
    LAFAU, BERNALENTA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi melalui model Problem-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi hukum newton kelas VIII SMP Negeri 13 Medan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi-eksperimental dengan desain two group pretest-posttest design.Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Medan secara keseluruhan terdiri dari 210 0rang.Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik digunakan instrumen soal pilihan ganda dengan jumlah 20 butir yang sebelumnya telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda.Data hasil belajar kedua kelas diuji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Selanjutnya dilakukan uji-t satu pihak untuk = 0,05 diperoleh thitung = 5,2 lebih besar dari ttabel = 2,00. Sedangkan untuk uji regresi diperoleh Y ̂ = 53,20 + 0,31X. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi melalui model PBL terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Medan.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9487
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback