• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI KALOR

    Thumbnail
    View/Open
    FATTY KURNIAWATI NDRURU.pdf (327.8Kb)
    Date
    2023-11-27
    Author
    NDRURU, FATTY KURNIAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi siswa pada materi Kalor dengan menggunakan tes tingkat 4 (Four-tier). Pada jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII 2 dan VII 3 SMP Negeri 13 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 60 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal berbentuk pilihan ganda empat tingkat (Four-Tier Diagnostic Test) dan 2 option alasan responden. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan interpretasi hasil Four-Tier Diagnostic Test pada Tabel 3.6. Hasil penelitian menunjukkan adanya miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas VII 2 dibuktikan dengan persentase rata-rata hasil yang didapat yaitu, siswa yang mengalami Paham Konsep (PK) sebanyak 20,0%, siswa yang mengalami Error (E) sebanyak 6,3%, siswa yang mengalami Tidak Paham Konsep (TPK) sebanyak 20,7% dan siswa yang mengalami Miskonsepsi (M) sebanyak 45,3%. Sementara tingkat miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas VII 3 dibuktikan dengan persentase rata-rata hasil yang didapat yaitu, siswa yang mengalami Paham Konsep (PK) sebanyak 26,2%, siswa yang mengalami Error (E) sebanyak 7,8%, siswa yang mengalami Tidak Paham Konsep (TPK) sebanyak 22,2% dan siswa yang mengalami Miskonsepsi (M) sebanyak 48,2%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Four-Tier Diagnostic Test dapat mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9486
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback