• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI FISIKA UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X

    Thumbnail
    View/Open
    Herman C. F. Aruan.pdf (327.2Kb)
    Date
    2023-11-27
    Author
    ARUAN, HERMAN CHRISTIAN F.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran monopoli fisika pada materi pelajaran tata surya dan hukum kepler untuk siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran monopoli fisika untuk diterapkan pada siswa SMA Negeri 8 Medan, 3) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran monopoli fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan prosedur penelitian model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner penilaian media dan kuesioner motivasi belajar dengan skala likert lima penilaian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data pada penelitian ini adalah penilaian kelayakan media dari tiga aspek yaitu pada aspek rekayasa media dengan rerata skor 4,4 memperoleh persentase kelayakan 88%, pada aspek komunikasi visual memperoleh rerata skor sebesar 4,7 dengan persentase kelayakan 94%, dan aspek pembelajaran memperoleh rerata skor 4,3 dengan persentase kelayakan 86%. Persentase kelayakan media jika ditinjau secara keseluruhan mendapatkan perolehan sebesar 89% dengan kriteria “Sangat Layak”. Media pembelajaran monopoli fisika juga terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan melihat rerata motivasi belajar siswa yang mengalami peningkatan dari 3,3 dengan kriteria “Cukup” menjadi 4,3 dengan kriteria “Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berupa monopoli fisika sangat layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 8 Medan.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9484
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback