• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Swasta Tri Sakti Lubuk Pakam

    Thumbnail
    View/Open
    EMANUEL ZEGA.pdf (417.5Kb)
    Date
    2023-11-27
    Author
    ZEGA, EMANUEL
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi energi kelas VIII SMP Swasta Tri Sakti Lubuk Pakam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Swasta Tri Sakti Lubuk Pakam. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling . Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan bentuk item soal pilihan berganda sebanyak 20 soal. Sebelum diberikan perlakuan pada sampel terlebih dahulu dilakukan uji awal untuk mengetahui apakah sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Kemudian diberikan perlakuan terhadap kedua kelas yaitu dengan memberikan uji pretest dan diperoleh skor rata – rata kelas eksperimen 38,00 dengan standar deviasi 16,01 dan kelas kontrol 40,00 dengan standar deviasi 15,75. Untuk skor rata –rata skor Posttest kelas eksperimen 77,40 dengan standar deviasi 9,35 dan kelas kontrol 62,60 dengan standar deviasi 11,00. Nilai homogen pretest terhadap kedua kelas yaitu (1,033<1,983) Fhitung lebih kecil dari Ftabel dan nilai posttest yaitu Fhitung lebih kecil dari Ftabel (1,379 <1,983), sehingga dapat dikatakan bahwa nilai pretest dan posttest terhadap kedua sampel adalah homogen. Selanjutntya untuk perbedaan antara kedua kelas dilakukan uji-t satu pihak dengan = 0,05 diperoleh (5,120)>(1,677) thitung lebih besar dari ttabel yang menyatakan bahwa ada perbedaan terhadap kedua kelas. Untuk melihat besarnya pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar dilakukan uji regresi sederhana dengan persamaan Y̅ = 57,27 + 0,28X. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan perlakuan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi energi kelas VIII SMP Swasta Tri Sakti Lubuk Pakam
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9483
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback