• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKANAN DENGAN BANTUAN MEDIA PHET INTERACTIVE SIMULATION

    Thumbnail
    View/Open
    ASTRI ARTANIMAN NDRURU.pdf (366.0Kb)
    Date
    2023-11-24
    Author
    NDRURU, ASTRI ARTANIMAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Dengan Bantuan Media Phet Interactive Simulation di SMP Negeri 13 Medan. Penelitian ini merupakan pre-Eksperimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Medan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil belajar peserta didik, nilai rata-rata pretest yaitu 28,5 dengan standar deviasi 11,23 setelah perlakuan dilanjutkan dengan pemberian posttest diperoleh nilai rata-rata 70,17 dengan standar deviasi 10,71. Uji t dilakukan untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah memberi perlakuan. Di peroleh thitung = 16,11 dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,04. Karena thitung= 16,11 dan ttabel= 2,04, maka Ha di terima dan Ho di tolak. Untuk hasil uji N-Gain diperoleh 57,82 yang berada pada kategori sedang. Selanjutnya untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik maka dilakukan uji regresi sederhana dengan persamaan Y=27,32+0,62X. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dan peningkatan hasil belajar peserta didik SMP Negeri 13 Medan setelah menggunakan media atau laboratorium virtual Phet Interactive Simulatin dalam model pembelajaran discovery learning.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9422
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback