ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT KOTA MEDAN DALAM MENGGUNAKAN E-WALLET (DANA) SEBAGAI DIGITAL PAYMENT
Abstract
Pendahuluan: Perkembangan teknologi di Indonesia mempengaruhi berbagai macam aspek kehidupan termasuk dibidang ekonomi. Saat ini telah hadir teknologi yang berinovasi dalam financial yang disebut dengan financial teknology (FinTech). Adanya teknologi ini sejalan dengan program Bank Indonesia. Program ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat terhadap pengguna instrumen pembayaran non-tunai. Salah satu pembayaran non-tunai adalah dompet digital (e-wallet). Salah satu e-wallet yang sedang berkembang dan cukup terkenal di Indonesia adalah e-wallet DANA.
Rumusan Masalah: (1) Bagaimana persepsi manfaat (perceived usefulness) berpengaruh terhadap keputusan menggunakan e-wallet DANA sebagai digital payment? (2) Bagaimana persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) berpengaruh terhadap keputusan menggunakan e-wallet DANA sebagai digital payment? (3)Bagaimana persepsi keamanan (perceived of security) berpengaruh terhadap keputusan menggunakan e-wallet DANA sebagai digital payment?
Tujuan Penelitian: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana persepsi manfaat (perceived usefulness) berpengaruh terhadap keputusan menggunakan e-wallet DANA sebagai digital payment. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) berpengaruh terhadap keputusan menggunakan e-wallet DANA sebagai digital payment. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana persepsi keamanan (perceived of security) berpengaruh terhadap keputusan menggunakan e-wallet DANA sebagai digital payment.
Metode: Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan software LISREL. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden pengguna e-wallet DANA di kota Medan.
Hasil: Persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan menggunakan yang dibuktikan dengan t-value (t = 2.36). Persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan yang dibuktikan dengan t-value (t = -1.61). Persepsi keamanan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan menggunakan yang dibuktikan dengan t-value (t = 2.58).
Collections
- Manajemen [1151]