PENGARUH BRAND IMAGE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI IPHONE PADA MASYARAKAT KOTA MEDAN
Abstract
iPhone merupakan salah satu merek smartphone terkenal yang beredar di Indonesia. IPhone kini menjadi smartphone impian, terutama pada kalangan anak muda. Rumusan masalah : (1) Bagaimana pengaruh brand image terhadap minat beli iPhone pada masyarakat kota Medan?, (2) Bagaimana pengaruh persepsi harga terhadap minat beli iPhone pada masyarakat kota Medan?, (3) Bagaimana pengaruh brand image dan persepsi harga terhadap minat beli iPhone pada masyarakat kota Medan ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image dan persepsi harga terhadap minat beli iPhone pada masyarakat Kota Medan. Analisis data dilakukan dengan metode Regresi Linear Berganda menggunakan software SPSS versi 25. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 responden yaitu masyarakat pengguna iPhone yang ada di Kota Medan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, (2) persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhhadap minat beli. (3) brand image dan persepsi harga berpengaruh
secara simultan terhadap minat beli. Dan dari hasil uji koefisien determinasi (R2)
bahwa variabel brand image dan persepsi harga berpengaruh sebesar 0,577 atau
57,7% terhadap minat beli sedangkan sisanya 0,423 atau 42,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Collections
- Manajemen [1151]