PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH DI KOTA MEDAN
Abstract
Kosmetik didefinisikan sebagai suatu bahan yang digunakan untuk mempercantik, memperindah, bahkan untuk menyehatkan tubuh yang diinginkan. Dari berbagai banyaknya jenis brand kosmetik lokal di Indonesia, salah satu brand kosmetik yang paling banyak digunakan adalah Wardah. Rumusan masalah: (1) Bagaimana pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Kota Medan? (2) Bagaimana pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Kota Medan? (3) Bagaimana pengaruh brand trust terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Kota Medan? (4) Bagaimana pengaruh electronic word of mouth, brand image dan brand trust terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Kota Medan secara simultan? Tujuan penelitian: untuk mengetahui Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Medan. Metode: Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS versi 25. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 160 responden pada konsumen yang pernah melakukan pembelian produk kosmetik Wardah di Kota Medan. Hasil pada penelitian ini yaitu: Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Kota Medan. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Kota Medan. Brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Kota Medan. Electronic word of mouth, brand image dan brand trust secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Kota Medan.
Collections
- Manajemen [1151]