PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN LE MINERALE DI KOTA MEDAN
Abstract
Dilihat dari banyaknya ragam air minum dalam kemasan serta perilaku konsumen yang berbeda, konsumen perlu melakukan keputusan pembelian terhadap produk air minum dalam kemasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk air minum Le Minerale di Kota Medan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampel, dengan jumlah sampel sebanyak 75 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Skala pengukuran sampel menggunakan skala likert. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang di analisis menggunakan IBM statistics SPSS. Hasil pengujian uji validitas diketahui r hitung lebih besar dari r tabel maka dari hasil instrumen penelitian berdasarkan hasil jawaban responden dikatakan valid. Hasil uji reabilitas dengan standart alpha sebesar 0,60 maka dari hasil instrumen penelitian berdasarkan hasil jawaban responden dikatakan reliabel. Berdasarkan hasil uji t pengujian hipotesis citra merek terhadap keputusan pembelian nilai thitung (4,347) > ttabel (1,993), pengujian hipotesis persepsi harga terhadap keputusan pembelian nilai thitung (2,656) > ttabel (1,993), dan hasil koefisien determinasi R2 sebesar 37,4%. Ditarik kesimpulan bahwa variabel citra merek dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan Le Minerale di Kota Medan.
Collections
- Manajemen [1151]