Show simple item record

dc.contributor.authorSIMANGUNSONG, LEWI PURNAMA
dc.date.accessioned2023-11-08T04:09:12Z
dc.date.available2023-11-08T04:09:12Z
dc.date.issued2023-11-08
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8984
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 37 Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 180 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan berdasarkan cluster samplingsederhana. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol.Kelas eksperimen terdiri atas 30 siswa dan kelas kontrol terdiri atas 30 siswa, sehingga diperoleh jumlah sampel diperoleh sebanyak 60 siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen two group only design, untuk memperoleh data digunakan penugasan menulis teks ulasan menggunakan pendekatan saintifik bernuansa ice breakingdan model ceramah. Berdasarkan hasil penugasan yang di kerjakan oleh siswa dikelas kontrol nilai terendah yang diperoleh 36 dan nilai tertinggi 70 dengan rata-rata 51,53. Pada kelas eksperimen didapat nilai terendah 54 dan nilai tertinggi 92 dengan rata-rata 77,73. Berdasarkan hasil perhitungan t_(hitung )= 8,37 dan t_(tabel )= 2,04 dengan taraf signifikan 2,04 menunjukkan t_(hitung )>t_(tabel )maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik bernuansa ice breaking berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan.en_US
dc.subjectPendekatan saintifik bernuansa ice breaking,en_US
dc.subjectKemampuan Menulis,en_US
dc.subjectTeks ulasan.en_US
dc.titlePENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERNUANSA ICE BREAKING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA/I KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record