• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERNUANSA ICE BREAKING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA/I KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    LEWI PURNAMA SIMANGUNSONG.pdf (307.4Kb)
    Date
    2023-11-08
    Author
    SIMANGUNSONG, LEWI PURNAMA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 37 Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 180 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan berdasarkan cluster samplingsederhana. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol.Kelas eksperimen terdiri atas 30 siswa dan kelas kontrol terdiri atas 30 siswa, sehingga diperoleh jumlah sampel diperoleh sebanyak 60 siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen two group only design, untuk memperoleh data digunakan penugasan menulis teks ulasan menggunakan pendekatan saintifik bernuansa ice breakingdan model ceramah. Berdasarkan hasil penugasan yang di kerjakan oleh siswa dikelas kontrol nilai terendah yang diperoleh 36 dan nilai tertinggi 70 dengan rata-rata 51,53. Pada kelas eksperimen didapat nilai terendah 54 dan nilai tertinggi 92 dengan rata-rata 77,73. Berdasarkan hasil perhitungan t_(hitung )= 8,37 dan t_(tabel )= 2,04 dengan taraf signifikan 2,04 menunjukkan t_(hitung )>t_(tabel )maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik bernuansa ice breaking berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8984
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback