• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas Vii SMP HKBP Sidorame Medan T.A 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Rispen Sijabat.pdf (281.0Kb)
    Date
    2015-05-04
    Author
    Sijabat, Rispen
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar belakang yang mendiring penelitain ini adalah hasil belajar matematika yang masih tergolong rendah, karena siswa saat belajar matematika biasanya merasa bosan dan tidak focus dengan aoa yang dijelaskan, siswa berpendapat bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat membosankan penuh dengan rumus dan soal-soal yang sulit dimengerti, oleh karena itu guru menggunakan pembelajaran kontekstual agar pengetahuan yang dimiliki dapat ditangkap, dipahami dan dipelajari oleh siswa karena siswa lebih cepat mengerti dengan pelajaran yang permasalahannya dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan matematika realistic terhadap pemahaman matematika siswa di SMP HKBP SIDORAME Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode equasi eksperimen dengan desain penelitian one shot case study. Populasi dari penelitian adalah berjumlah 4 kelas yang terdiri dari 199 jumlah siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling pada siswa kelas VII. Pengumpulan data diberikan setelah diberi perlakuan diperoleh nilai tes pemahaman matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar. Tes yang diberikan terdiri dari 5 soal bentuk uraian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pemahaman matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan matematika realistic memiliki pengaruh yang positif. Berdasarkan nilai pemahaman matematika siswa diperoleh persamaan regresi, Y = 23,79 + 0,879 X, artinya setiap kenaikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistic sebesar 1 satuan akan meningkatkan pemahaman matematika siswa sebesar 0,879 satuan. Dan ahsil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r2 = 91,56% artinya bahwa pengembangan pemahaman matematika siswa dipengaruhi oleh pendekatan matematika sebesar 91,56% sedangkan sisanya 8,44% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistic dapat digunakan sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/876
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback