Mengungkap Perilaku Stickiness Konsumen Melalui Trust Transfer di Live Streaming: Sebuah Perspektif Social- Technical di Social Commerce
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini menjadi populer di media sosial yang banyak diminati saat live streaming commerce yang memiliki banyak fitur menarik yang berbeda-beda. Para penelitian sebelumnya mengkaji keterikatan emosional streamer dan keterikatan platform yang mempengaruhi kelakuan pengguna. Berdasarakan research gap penelitian ini akan mengkaji bagaimana peran transfer kepercayaan mempengaruhi perilaku stickiness pengguna di live streaming social commerce. Konstruk yang digunakan adalah social technical yang terdiri dari empat dimensi yaitu interaction, identification, synchronicity dan vicarious expression, trust to transfer terdiri dari dua dimensi yaitu: trust to streamer dan trust to platform, sementara behaviour terdiri dari visit duration dan user retention. Populasi penelitian mencakup seluruh pengguna live streaming social commerce di Indonesia dengan jumlah sampel 315 responden. Jenis penelitian termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksploratif.. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SmartPLS 3.0 yang menunjukkan bahwa interaction dan identification berpengaruh secara signifikan terhadap trust to streamer, sementara synchronicity dan vicarous expression berpengaruh secara signifikan terhadap trust to platform. Kemudian trust streamer berpengaruh secara signifikan terhadap trust to platform. Terakhir trust to streamer berpengaruh secara signifikan terhadap visit duration dan user retention, dan trust to platform berpengaruh signifikan terhadap visit duration dan user retention Penelitian ini juga memberikan konstribusi teoritis dan praktis, sehingga bermanfaat bagi para peneliti selanjutnya dan juga streamer dalam meningkatkan perilaku stickiness konsumen di live streaming social commerce.
Collections
- Manajemen [1151]