Show simple item record

dc.contributor.authorMANURUNG, PETRUS WIJAYA
dc.date.accessioned2023-05-26T08:06:09Z
dc.date.available2023-05-26T08:06:09Z
dc.date.issued2023-05-26
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8626
dc.description.abstractSistem Informasi Akademik merupakan sebuah aplikasi yang mengintegrasikan seluruh proses inti sebuah bisnis pendidikan ke dalam sebuah sistem informasi yang didukung oleh teknologi terkini. Dengan penerapan sistem informasi akademik yang ada, akan mempengaruhi mutu layanan secara keseluruhan, yaitu terutama dengan layanan yang digunakan oleh mahasiswa sebagi pengguna dalam berbagai kebutuhannya seperti: menyusun Kartu Rencana Studi (KRS), informasi pembayaran uang kuliah, informasi update perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Sistem Informasi dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHN Medan”. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reabilitas untuk membuktikan keabsahan dan ketepatan kuesioner serta melakukan uji asumsi klasik. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda yang terdiri dari uji t parsial, uji F simultan dan kofisien determinasi. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 95 orang mahasiswa FEB UHN Medan. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan pada uji regresi linier berganda persamaan linear yang didapat adalah Y= 0,557 + 0,350X1 + 0,314X2 variabel Kualitas Sistem Informasi merupakan variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pengguna diikuti variabel Kualitas Informasi. Uji t parsial didapati variabel Kualitas sistem informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengguna, dan variabel Kualitas Informasi berpengaruh positif dan signfikan terhadap Kepuasan Pengguna. Pada uji F simultan variabel Kualitas Sistem Informasi dan Kualitas Informasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja. Hasil pengujian koefisien determinasi (R-square) antara Variabel Independen Kualitas Sistem Informasi dan Kualitas Informasi menerangkan variabel dependen Kepuasan Pengguna sebesar 0,322 (32,2%) dan selebihnya 67,8% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar variabel penelitian yang digunakan dalam model regresi linier berganda.en_US
dc.subjectKualitas sistem informasi,en_US
dc.subjectkualitas informasi,en_US
dc.subjectKepuasan Pengguna.en_US
dc.titlePENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI (SISFO AKADEMIK) DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HKBP NOMMENSENen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record