PENGARUH INTENSI BERMAIN TIKTOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA HKBP SIDORAME
Abstract
Bermain tiktok akan membuat para pemainnya merasa terhibur dan senang karena mendapat kepuasan psikologi seperti, terbebasnya dari tekanan sosial, kecemasan dan merasa nyaman (Young, 2009). Bermain tiktok juga semata-mata tidak hanya memberikan hiburan saja kepada orang lain yang memainkannya, tetapi juga akan memberikan tantangan yang cukup menarik dalam melakukan sebuah gerakan yang akan di pratekkannya disebuat video yang lagi tren di Tiktok tersebut sehingga, akan timbul minat remaja untuk selalu memainkannya tanpa memperhitungkan waktu demi mendapatkan sebuah video yang keren untuk di posting di aplikasi tiktoknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensi bermain Tiktok terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Purposive sampling. Subyek dalam penelitian 53 responden dengan kriteria seluruh siswa kelas XI-XII HKBP Sidorame. Skala pengukuran variabel yang digunakan ialah skala likert. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistic. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada siswa SMA HKBP Sidorame dapat ditarik kesimpulan yaitu adanya pengaruh antara intensi bermain tiktok terhadap prestasi belajar di SMA HKBP Sidorame sebesar 0.031. Hal ini dapat dibuktikan dengan analisis data kategorial pada intensi bermain tiktok yang menunjukkan bahwa variabel intenasi bermain tiktok rata-rata berada pada kategori sedang sebanyak 36 (67,9%) orang. Sedangkan jika dilihat dari analisis data berdasarkan kategori prestasi belajar berada pada kategori sedang sebanyak 53 (100%) orang.
Collections
- Ilmu Psikologi [287]