KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA/SISWI KELAS VII SMP WIRASWASTA BATANG KUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Menulis Teks Fabel Pada Siswa-Siswi Kelas VII SMP Wiraswasta Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022/2023 dengan data sumber siswa kelas VII yang berjumlah 62 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen atau true eksperimental design. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan essay tes untuk mengetahui Keefektifan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Menulis Fabel Pada Siswa-Siswi Kelas VII SMP Wiraswasta Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggnakan uji “t” diperoleh thitung = 6,391 jika dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,00 ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,391 > 2,00). Dengan demikian dapat hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini berarti hasil pembelajaran menulis teks fabel menggunakan media gambar berseri berpengaruh dibandingkan sebelum menggunakan media gambar berseri.