• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM VLOG NEBENG BOY: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

    Thumbnail
    View/Open
    ROTUA TAMBUNAN.pdf (232.9Kb)
    Date
    2022-12-09
    Author
    TAMBUNAN, ROTUA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Penggunaan alih kode dan campur kode, (2) Jenis alih kode dan campur kode, (3) Faktor penyebab alih kode dan campur kode dalam vlog nebeng Boy. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data percakapan dalam vlog nebeng Boy. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan teknik catat dan dilanjutkan dengan teknik analisis data yang dilakukan dengan tiga cara yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data, dan verifikasi data. Jenis keabsahan data (triangulasi) yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut jenis alih kode yang ditemukan paling dominan adalah alih kode keluar (ekstern) dan jenis campur kode yang paling dominan ditemukan adalah campur kode ke luar. Faktor penyebab alih kode adalah adanya kegiatan menjelaskan dan memberikan keterangan. Faktor penyebab campur kode meliputi keterbatasan kata, memperluas ungkapan, menunjukan kemampuan dan kebiasaan penutur.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8137
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback