PENGARUH MODEL KONTEKSTUAL BERMEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN MATERI MENULIS PUISI DI SEKOLAH SMP GAJAH MADA MEDAN
Abstract
Model pembelajaran konstektual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat, keluarga dan dunia kerja nantinya. Dalam pembelajaran konstektual, siswa perlu mengerti apa makna belajar, apa manfaatnya dan bagaimana mencapainya. Dalam upaya itu mereka memerlukan guru sebagai pengarah dan pembimbing. Pendidikan adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam kehidupan manusia untuk mencapai tujuan dan cita cita yang diharapkan. Oleh sebab itu, pendidik harus melaksanakan sebaik mungkin dengan memberikan berbagai faktor pendorong untuk mewujudkan sarana pendidik. guru dituntut untuk memiliki kemampuan menciptakan pembelajaran yang baik dan menarik dan dapat megolah sumber yang ada dan mampu meningkatkan kemampuan dalam meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan yang baik terhadap peserta didik.
Masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh model kontekstaul bermedia audio visul terhadap hasil belajar pembelajaran menulis puisi siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 30 siswa di sekolah SMP Gajah Mada Medan.
Data analisis yang diperoleh dari kelas kontrol rata-rata sebesar 54,33 dan dikelas eksperimen 71,33. Sedangkan kemampuan siswa menulis puisi menggunakan media audio visual nilai post-test kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 49 dan kelas eksperimen 76,33. Hasil uji hipotesisi membuktikan bahwa thitung >ttabel, yaitu 70,07>0,691, maka Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar pembelajaran menulis puisi siswa.