PROGRES ICE BREAKING DALAM MODEL INQUIRY TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah progres ice breaking dalam model inquiry terhadap konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 20 siswa dan VIII SMP dengan jumlah 25 siswa di sekolah SMP Swasta Nasrani 3 Medan dengan desain eksperimen pretest postest control group.
Data analisis yang diperoleh dari kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dari penerapan ice breaking dan memperoleh nilai rata-rata 78,3. Sedangkan kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan memperoleh nilai rata-rata 65. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa rhitung > rtabel yaitu 0,8100 > 0,444 dengan taraf signifikan 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa adanya progres ice breaking dalam model inquiry terhadap konsentrasi belajar siswa.