ANALISIS KESALAHAN DALAM PENULISAN KATA NONBAKU MENJADI KATA BAKU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMPNEGERI 1 LINTONG NIHUTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1)mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mengetahui Penulisan kata nonbaku menjadi kata baku dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. (2) mendeskripsikan kesalahan penulisan kata nonbaku menjadi kata baku dalam pembelajaraan Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 1 Lintongnihuta.
Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode Kualitatif yang mengumpulkan data-data mengenai topik yang diteliti. Metode penelitian kualitatif ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif yang Menganalisis Kesalahan Dalam Penulisan Kata Nonbaku Menjadi Kata Baku Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP NEGERI 1 Lintongnihuta.
Jumlah siswa kelas VIII SMPN 1 Lintongnihuta yang berjumlah 32 orang.
Hasil kemampuan siswa mengenai penulisan kata nonbaku menjadi kata baku dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMPN 1 Lintongnihuta tahun 2022/2023 diperoleh nilai rata-rata siswa 64 masuk dalam kategori cukup yang artinya kemampuan siswa dalam mengetahui kata non baku menjadi kata baku masih rendah. Dari hasil tes yang diperoleh masih banyak kesalahan siswa dalam menggunakan kata yang tidak sesuai dengan KBBI, Kesalahan ini diakibatkan karena keterbiasaan siswa dalam menggunakan kata setiap hari. Sehingga kata yang salah tersebut seakan akan menjadi kata yang tepat untuk digunakan.