STRATEGI MENINGKATKAN PROFITABILITAS DENGAN MEMAKAI PENJUALAN BERBASIS DIGITAL PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KOTA MEDAN
Abstract
Penjualan berbasis digital menggunakan sosial media dan e-commerce merupakan aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa) dengan memanfaatkan jaringan internet. Salah satu strategi dalam meningkatkan profitabilitas tersebut yaitu dengan meningkatkan penjualan melalui platform sosial media yang digunakan sebagai media pemasaran dan penjualan serta menggunakan e-commerce yang semakin memudahkan konsumen dalam mencari produk yang diinginkan melalui jejaring sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi sosial media terhadap profitabilitas dengan penggunaan e-commerce sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Objek yang dipilih adalah pemilik UMKM yang melakukan penjualan secara digital di kota Medan pada tahun 2022. Jumlah sampel yang akan diteliti sebanyak 40 UMKM sampel yang didapat akan diolah menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan berupa kuesioner. Teknik Analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Sosial Media berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas pada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Kota Medan dan Penjualan Digital melalui Penggunaan E-commerce dapat memoderasi (memperkuat) hubungan Pengaruh Strategi Sosial Media dengan Profitabilitas pada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Kota Medan. Dengan demikian diharapkan kepada pelaku bisnis online diharapkan untuk melakukan strategi dengan penggunaan sosial media dan e-commerce dan juga terus merespon perkembangan teknologi untuk pembaharuan sistem bisnis online yang dijalaninya sehingga pelaku bisnis tidak ketinggalan oleh teknologi baru.
Collections
- Akuntansi [1723]